Kumpulan contoh RPP Bahasa Inggris.
Pengalaman praktek mengajar di Mts SMIP 1946 Banjarmasin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs Al-Islamiyah SMIP 1946
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill :
Listening
Topik : Busy people
Kelas/Semester :
VIII (Delapan)/ 1
I.
Standar Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
II. Kompetensi
Dasar
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.
III. Indikator
1. Mendengarkan rekaman dan mengisi
bagian rumpang dalam bentuk percakapan tentang pekerjaan.
2. Mencocokan masing-masing pekerjaan dengan tempat pekerjaanya dan
kewajibanya.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu mengisi
bagian yang rumpang dalam percakapan dan mencocokan jenis pekerjaan dengan
tempat pekerjaanya dan kewajibanya.
V. Material
Talking
about job
Name
of jobs
1.
Stewardess
2.
Footballer
3.
Secretary
4.
Dentist
5.
Teacher
6.
Mechanic
|
: Pramugari
: Pemain sepak bola
: Sekertaris
: Dokter gigi
: Guru
: Montir
|
7. Doctor
8. Cashier
9. Farmer
10. Sailor
11. A cook
12. Police officer
|
: Dokter
: Kasir
: Petani
: Pelaut
: Juru masak
: Perwira polisi
|
VI. Langkah-langkah
Kegiatan
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Waktu
|
Introduction
Salam, Absensi, Berdo’a, dan
sebagai Brainstorming,guru bertanya,
1.
What does your father job?
2.
What is he do?
Presentation
Guru menuliskan tema Job
di papan tulis. Guru meminta siswa menebak apa-apa saja pekerjaan yang
kalian tahu dan guru memberi informasi tentang job dan memberi kesempatan
pada siswa untuk bertanya.
Demonstration/Ptactice
Activity
1
Guru memutar audio dan meminta siswa untuk mengisi
bagian percakapan yang rumpang dan mengisi pertanyaan di bawahnya, kemudian
membahas jawaban bersama-sama. Kerjakan berpasangan.
Activity 2
Games dikerrjakan
berkelompok. Guru membagikan
potongan-potongan kertas yang berisi job, work place, dan responsibility.
Tugas siswa adalah menyusun atau memasangkan dengan pasangan yang sesuai.
Review
Menyimpulkan pelajaran hari ini bersama-sama..
Follow
up
Beritahukan pada siswa untuk membaca materi
selanjutnya tentang hobby.
.
Closing the class
Beritahukan beberapa kata bijak
“you will if you want”
Dan salam.
|
“Siswa merespon pertanyaan guru dan menjawab
pertanyyan guru dengan aktif”
“Siswa mendengarkan penjelasan guru”
“Siswa mengerjakan soal”
“Siswa mendengarkan audio dan menjawab pertanyaan
yang di berikan”
“Siswa antusias menyimpulkan pelajaran”
“Siswa jelas dengan tugas mereka”
“Siswa merespon sapa’an guru”
|
6 menit
17 menit
20 menit
17 menit
10 menit
7 menit
3 menit
|
VII. Metode
Pembelajaran
Cooperative
Learning
VIII. Sumber
Materi
Buku (EOS hal. 25-27)
Notebook, speaker, Papan tulis, spidol dan Kamus
IX. Penilaian
·
Teknik : tes tertulis
·
Bentuk : esai
·
Pedoman penilaia :
Latihan A terdiri dari 5 soal.
>> setiap soal yang
benar bernilai 20
>> jadi
total nilai siswa, jika menjawab semua pertanyaan benar adalah 100.
X. Work Sheet
A. Listen to the audio
and fill the missing word. Do it in a group.
B. Games. Match each job with its work place and its responsibility.
Job
|
Work place
|
Responsibility
|
1. A teacher
|
Restaurant
|
Serve people
|
2. A doctor
|
office
|
Make furniture
|
3. A civil servant
|
Fields
|
Teach students
|
4. A singer
|
Street
|
Treat patients
|
5. A police officer
|
ship
|
Serve food
|
6. A postman
|
Government office
|
Work in a ship
|
7. A farmer
|
hospital
|
Sell small things
|
8. A sailor
|
School
|
Type letters
|
9. A vendor
|
Furniture factory
|
Solve crimes
|
10. A secretary
|
garage
|
Deliver letters
|
11. A waitress
|
TV station
|
Fix cars
|
12. A carpenter
|
Post office
|
Grow rice
|
13. A mechanic
|
Police station
|
Entertain people with songs
|
Kunci Jawaban
A.
Jawaban
|
Nilai
|
1. Arrange
|
20
|
2. Doing
|
20
|
3. Working
on
|
20
|
4.
Holiday
|
20
|
5.
Playing Basketball
|
20
|
Number
|
100
|
Jawaban
|
Nilai
|
1.
They were Shanti & Miss Marinta
|
20
|
2.
She is an interior designer
|
20
|
3.
She is not working on home/working in a hotel
|
20
|
4. She
swims and plays basketball
|
20
|
5. Her
hobbies are swimming & playing basketball
|
20
|
Number
|
100
|
B.
Matching
Job
|
Work
Place
|
Responsibility
|
1.
A teacher
|
school
|
Teach students
|
2.
A doctor
|
Hospital
|
Treat patients
|
3.
A civil servant
|
Government
office
|
Serve people
|
4. A
singer
|
TV
station
|
Entertain people with songs
|
5. A
police officer
|
Police
station
|
Solve crime
|
6. A
postman
|
Post
office
|
Deliver letters
|
7. A
farmer
|
Fields
|
Grow rice
|
8. A
sailor
|
Ship
|
Work on a ship
|
9. A
vendor
|
Street
|
Sell small things
|
10. A
secretary
|
Office
|
Type letters
|
11. A
waitress
|
Restaurant
|
Serve food
|
12. A
carpenter
|
Furniture
factory
|
Make furniture
|
13. A mechanic
|
Garage
|
Fix cars
|
Banjarmasin, 21 September 2013
Mengetahui,
Guru Pamong
Suhrawardi, S. Pd. I
NIP: 19770705 200604 1 021
|
Mahasiswa
Isfiyatul Khoiroh
NIM: 1001240520
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs Al-Islamiyah SMIP 1946
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill :
Writing
Topic :
Busy people
Kelas/Semester :
VIII (Delapan)/ 1
Waktu :
2 x 40 menit.
I.
Standar Kompetensi
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
II. Kompetensi
Dasar
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbebtuk descriptive
dan recount.
III. Indikator
1. Menyusun kata-kata acak menjadi
kalimat tanya yang benar..
2. Menuliskan formula pembentuk kalimat tanya dan membuat kalimat Tanya dari informasi yang disediakan.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu menyusun kata-kata acak menjadi
kalimat tanya yang benar. menuliskan formula pembentuk kalimat Tanya dan membuat
kalimat Tanya dari informasi yang disediakan
V. Material
Making
Questions
Formula
Note:
·
5W1H= What, When, Where, Who, Why and How
·
Tobe (is, am, are), KKB (do, does, etc)
·
Complement = Pelengkap
VI. Langkah-langkah
Kegiatan
VII. Metode
Pembelajaran
Cooperative Learning
VIII. Sumber
Materi
Buku (EOS hal. 31-33)
Notebook, speaker, Papan tulis, spidol dan Kamus
IX. Penilaian
·
Teknik
: tes tertulis
·
Bentuk : esai
·
Pedoman penilaian :
Latihan A terdiri dari 8 soal, 1 soal sebagai contoh.
>> setiap soal bernilai 10
>> jadi total nilai yang di peroleh siswa adalah 70
>> sebagai pelengkap guru menyuruh siswa untuk membuat 3 contoh
pertanyaan dari latihan B.
>> jadi total nilai keseluruhan yang di peroleh oleh siswa adalah
100.
X. Work Sheet
A. Let’s rearrange the words.
1. old-she-is-How? How old is she?
2. she-do-What-does?
3. Where-live-does-she?
4. Is-student-a-she?
5. have-she-Does-brothers
or sisters?
6. she-does-get up-What
time?
7. are-her-hobbies-What?
8. work-does-she-How
often?
B. Work in pairs. Make the question from Shanti’s information. Use word
in brackets as guide).
Shanti is 1)
a radio presenter (What). She works 2) for EOS radio station (Where)
in Jakarta. She lives 3) in the center of city (Where).She gets up 4)at
5 o’clock (What time) and she has rice and a boiled egg for breakfast. 5) At
6.00 (What time) she leaves home for school. 6) After school (When),
she works. She presents School Profile Program. She works 7) for two hours
(How long). After work she plays games or chats on the internet. 8) Playing
games and chatting (What) are her hobbies. 9) In the evening (When),
she studies. She goes to bed 10) at 9.00 p.m. (What time).
C.
Music corner. Sing together.
Kunci Jawaban
A.
B.
Kunci jawaban latihan B
Banjarmasin, 28 September 2013
Mengetahui,
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs Al-Islamiyah SMIP 1946
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill :
Speaking
Topic :
Busy people
Kelas/Semester :
VIII (Delapan)/ 1
Waktu :
2 x 40 menit.
I.
Standar Kompetensi
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
II. Kompetensi
Dasar
3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur,: mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyeujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat.
III. Indikator
1. Membedakan v-ing sebagai gerund dan
kata kerja.
2. Membuat contoh kalimat dalam bentuk present dan present continous secara
lisan.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu Membedakan v-ing sebagai gerund dan
kata kerja dan membuat contoh kalimat dalam bentuk present dan present continous secara
lisan
V. Material
1. Simple
Present tenses
·
Digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah
menjadi kebiasaan.
·
Rumus
(+) S + V-1 + (s) + C
(-) S+KKB + not + V-1 + C
(?) KKB + S + V+1 + C
Yes,
she does/ No, she does not/doesn’t.
·
Contoh
(+) Boy plays football every Sunday
(-) Boy does not play football every Sunday
(?) Does Boy play football every Sunday?
Yes,
he does/ No, he does not.
·
Keterangan waktu
Every day, every mounth, every . . . . .
2. Present continuous tense
n
Untuk menyatakan kejadian yang sedang di kerjakan.
n
Rumus
(+) S + tobe (is, am, are) + V-ing + C
(--) S + tobe + not
+ V-ing + C
(?) Tobe + S +
V-ing + C
n
Contoh
(+) The students
are sitting at their desks right now.
(-) The students are not sitting at their desks
right now.
(?) Are the
students sitting at their desks roght now?
Yes, they are / No,
they are not.
n
Keterangan waktu
Now
(sekarang), Right now (sekarang), to day (hari ini), this week (minggu
ini), etc.
VI. Langkah-langkah
Kegiatan
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Waktu
|
Introduction
Salam, Absensi, Berdo’a,
dan sebagai Brainstorming,guru bertanya,
1.
What are you doing now?
Presentation
Guru menuliskan pertanyaan yang tanyakan di brainstorming
di papan tulis
What are you doing now?
Guru meminta siswa menebak
formula kalmat di atas. Guru menjelaskan materi dan memberi kesempatan pada
siswa untuk bertanya. Dan untuk mengetahu mereka jelas atau tidak dengan
materinya. Guru menggunakan strategi snow ball. Memberikan contoh
secara lisan.
Demonstration/Ptactice
Activity
1
Guru menyuruh siswa untuk menentukan apakah kalimat
tersebu termasuk kedalam present atau present continuous (dilihat dari
penggunaan kata kerjanya).
Activity 2
Guru menyuruh siswa
membuat kalimat dalam bentuk present atau present continuous secara lisan.
Activity 3
Game. Guess the picture. Aturanya adalag pertama
guru menyuruh satu siswa untuk maju dan menmperagakan apa yang ada di dalam gambar
(seperti pantonim). Lalu tugas siswa yang lain adalah menjawabnya ke dalam
bentuk simple present continuous tense.
Review
Menyimpulkan pelajaran hari ini bersama-sama..
Follow
up
Beritahukan pada siswa untuk membaca materi
selanjutnya.
Closing the class
Beritahukan beberapa kata bijak
“Do the best don’t feel the best”
Dan salam.
|
“Siswa merespon pertanyaan guru dan menjawab
pertanyyan guru dengan aktif”
“Siswa mendengarkan penjelasan guru”
“Siswa mengerjakan soal”
“Siswa mengerjakan soal”
“Siswa antusias dengan permainan”
“Siswa antusias menyimpulkan pelajaran”
“Siswa jelas dengan tugas mereka”
“Siswa merespon sapa’an guru”
|
6 menit
15 menit
15 menit
17 menit
17 menit
5 menit
2 menit
3 menit
|
VII. Metode
Pembelajaran
Task based approach.
VIII. Sumber
Materi
Buku (EOS hal. 34), (English Grammar hal. 13).
Papan tulis, spidol dan Kamus, lembar materi.
IX. Penilaian
·
Teknik : tes lisan and tertulis.
·
Bentuk : lisan dan esai.
·
Pedoman penilaian :
@ Latihan A terdiri dari 7 soal
>> setiap soal yang benar bernilai 10
>> jadi total nilai adalah 70
@ Latihan B adalah penilaian
secara lisan
>> setiap jawaban dari siswa yang benar dalam membuat contoh
kalimat dalam bentuk present continous tense secara lisan bernilai 30
@ jadi total keseluruhan nilai
Latihan A + Latihan B adalah 100.
X. Work Sheet
A. Determine these sentences. Use V-1 or V-ing
1. I am (study/studying)
now.
2. We do not (go/going)
to the school every Sunday.
3. He (takes a
bath/taking a bath) at 6.00 every day.
4. Tina is (read/reading)
an English Book right now.
5. You are (eat/eating)
noodles today.
6. (Fish/Fishing) is my
hobby.
7. (Is/Does) Mr. Suhrawardi
teach Math?
B. Orally. Give a sentence in present tense or present continuous tense.
C. Games. Guess the picture.
Kunci Jawaban
A.
Jawaban
|
Nilai
|
1.
Studying
|
10
|
2.
Go
|
10
|
3.
Takes a bath
|
10
|
4. Reading
|
10
|
5. Eating
|
10
|
6. Fishing
|
10
|
7. Does
|
10
|
Number
|
100
|
B.
Guide answer
Jawaban
|
Nilai
|
1.
I am sitting on the chair now.
|
30
|
2.
She is eating
|
30
|
3.
He wants to play football.
|
30
|
4. They
write the English material in a book.
|
30
|
5. Do you
wake up soon every day?
|
30
|
Banjarmasin, 5 Oktober 2013
Mengetahui,
Guru Pamong
Suhrawardi, S. Pd. I
NIP: 19770705 200604 1 021
|
Mahasiswa Praktikan
Isfiyatul Khoiroh
NIM: 1001240520
|
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs Al-Islamiyah SMIP 1946
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill :
Reading
Topic :
Going to School
Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/ 1
Waktu :
2 x 40 menit.
I.
Standar Kompetensi
Membaca
5.
Memahami makna dalam teks tulis fungsional
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
II. Kompetensi
Dasar
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
III. Indikator
1. Membaca nyaring dan mengulangi
kalimat yang dibaca oleh guru (kalimat pendek yang mengandung preposition of
place).
2. Melengkapi kalimat yang sesuai dengan gambar menggunakan preposition
of place.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu membaca nyaring dan mengulangi
kalimat yang dibaca oleh guru (kalimat pendek yang mengandung preposition of
place) dan melengkapi kalimat yang sesuai dengan gambar menggunakan preposition
of place dengan benar.
V. Material
Preposition
of place
VI. Langkah-langkah
Kegiatan
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Waktu
|
Introduction
Salam, Absensi, Berdo’a,
dan sebagai Brainstorming,guru bertanya,
Membaca percakapan di buku EOS hal. 32
Presentation
Guru membacakan arti dari preposition of
place. Guru menjelaskan materi dan memberi kesempatan pada siswa untuk
bertanya jika ada yang belum jelas dengan materinya.
Demonstration/Ptactice
Activity
1
Guru menyuruh siswa untuk membaca contoh kalimat
yang tuliskan oleh guru di papan tulis.
Activity 2
Guru menyuruh siswa mengerjakan
latihan C hal 33.
Review
Menyimpulkan pelajaran hari ini bersama-sama..
Follow
up
Beritahukan pada siswa untuk membaca materi
selanjutnya.
.
Closing the class
Beritahukan beberapa kata bijak
“Do the best don’t feel the best”
Dan salam.
|
“Siswa merespon pertanyaan guru dan menjawab
pertanyyan guru dengan aktif”
“Siswa mendengarkan penjelasan guru”
“Siswa mengerjakan soal”
“Siswa mengerjakan soal”
“Siswa antusias menyimpulkan pelajaran”
“Siswa jelas dengan tugas mereka”
“Siswa merespon sapa’an guru”
|
7 menit
20 menit
20 menit
20 menit
6 menit
3 menit
4 menit
|
VII. Metode
Pembelajaran
Communicative
approach.
VIII. Sumber
Materi
Buku (EOS kelas VII hal. 32)
Papan tulis, spidol dan Kamus, caption.
IX. Penilaian
·
Teknik : tertulis.
·
Bentuk : esai.
·
Pedoman penilaian :
Latihan B terdiri dari 6 soal, 1 soal sebagai contoh
>> setiap soal yang benar bernilai 20
>> jadi total nilai yang diperoleh siswa adalah 100
X. Work Sheet
A. Look and read.
1. The
dog is in the box
2. The
cat is under the table
3. The
man is next to the building
4. I
sleep in my bedroom.
5. The
desk in the room.
B.
Kunci Jawaban
B.
Jawaban
|
Nilai
|
1.
The cat is under the box
|
20
|
2. The cat
is in front of the box
|
20
|
3. The cat
is behind the box
|
20
|
4. The cat
is on the box
|
20
|
5. The cat
is in the box
|
20
|
Number
|
100
|
Banjarmasin, 8 Oktober 2013
Mengetahui,
Guru Pamong
Suhrawardi, S. Pd. I
NIP: 19770705 200604 1 021
|
Mahasiswa Praktikan
Isfiyatul Khoiroh
NIM: 1001240520
|
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThanks,
ReplyDeleteWould you like to send me another example of RPP EOS 2 please...
this is my e-mail: rozi.fitra@gmail.com
just them that i have Rozy,,,hehe
ReplyDelete